Thursday, June 11, 2015

TANAMAN KUBIS

SEJARAH 
TANAMAN KUBISTanaman Kubis awal mulaya merupakan tanaman liar di daerah subtropik. Tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia Kecil, terutama tumbuh didaerah Great Britain dan Mediterranean. Tanaman ini diduga berawal dari kubis liar (Brassica oleracea var. sylvestris) yang tumbuh disepanjang pantai laut Tengah, Inggis, Denmark, dan sebelah Utara Perancis Barat, serta pantai Glamorgan. Pemeliharaan tanaman kubis pertama kali terjadi di Eropa, dan setelah melaupaui waktu 100 tahun tenaman ini menjadi populer sebagai bahan makanan. tidak heran bila sebagian kalangan menyebut tanaman kubis yang ada sekarang merupakan hasil seleksi dari tumbuhan kubis liar yang tumbuh sejak 2000 tahun yang lalu. Pada abad XIX, kubis menyebar luas dan menjadi terkenal di seluruh dunia. Sementara pada tanaman kubis masuk ke Negara Indonesia diduga pada abad XVII dan abad XIX yang dibawa oleh orang Spanyol dan Belanda. Sampai sekarang kubis termasuk salah satu di antara 18 jenis sayuran komersil yang dihasilkan Indonesia dan mendapat pengembangan dalam setiap Repelita.

KLASIFIKASI TANAMAN KUBIS
- Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
- Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
- Super Divisi : Spermathophyta (Menghasilkan biji)
- Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
- Kelas : Magnoliopsida (Berkeping dua / Dikotil)
- Sub Kelas : Dilleniidae
- Ordo : Capparales
- Famili : Brassicaceae (suku sawi-sawian)
- Genus : Brassica 
- Spesies : Brassica oleracea var. capitata L

JENIS-JENIS TANAMAN KUBIS
- Kubis Biasa atau Kol
Kubis biasa Brassica oleracea var. capitata adalah varietas kubis yang telah dikonsumsi sejak abad ke-5. Daunnya yang berlapis lilin, mula-mula tumbuh lurus hingga sepanjang 30cm, kemudian daun-daun muda yang tumbuh belakang makin lama daun yang berbentuk makin banyak hingga membentuk krop atau kepala, itulah sebabnya disebut Capitata.
- Bunga Kol (bloemkool, B.o. botrytis subvar cauliflora)
Bunga Kol atau kubis bunga bisa dikonsumsi. Menurut warnanya, kubis bunga ini dapat dibagi tiga, yaitu kubis bunga putih (Cauliflower), hijau, dan ungu. Kubis bunga yang berwarna putih kekuningan bunganya padat, tebal dan tersusun dari rangkaian bunga-bunga kecil dengan tangkai pendek. Kubis bunga hijau lebih dkenal dengan sebutan broccolli, B.o. var botrytis subvar. cymosa. Kubis Bunga ungu lebih dikenal dengan purple broccoli. Jenis ini tidak umum ditanam secara komersil. Kepala bunganya yang ungu tidak ditutupi daun seperti kubis bunga. Bila dimasak warna ungunya luntur menjadi pucat.
- Kubis Tunas (B.o. var gemmifera)
Kubis tunas mirip dengan kubis kepala, tapi ukurannya mini dengan diameter hanya 2,5-5cm, dalam satu batang terdapat puluhan kubistunas yang tersusun dari bawah hingga atas dengan batang setinggi 50-100cm.
- Kale (B.o. var. acephala)
Jenis kale masih satu spesies dengan kubis kepala, tetapi kale tidak pernah membentuk kepala hanya membentuk daun saja. oleh karena itu disebut kubis daun. Daun kale berbentuk roset pada ujung batang, bentuknya kalelah yang mirip dengan kubis liar, daunnya biasa dan ada pula yang kriting yang dikonsumsi adalah yang kriting.
- Kol Rabi/Korlrabi (B.o. var. gongylodes)
Kol Rabi adalah kubis yang dapat membentuk umbi batang yang berkembang dan tumbuh di atas permukaan tanah. Yang bisa dikonsumsi adalah umbinya yang bulat dan tidak berserat serta daun mudanya. Umbinya ada yang bulat dan datar dengan warna hijau pucat atau biru keunguan. Untuk memperoleh umbi yang tidak berserat, keras atau berkayu, umbi harus dipanen pada umur 8-10 minggu setelah tanam, pada saat diameternya baru 4-8cm.
- Collard (B.o. var. acephala. plana)
Kubis ini merupakan perpaduan antara kubis kepala dengan kale. Daunnya berbentuk roset, dengan warna hijau menyerupai daun kubis sebelum membentuk kepala.
- Petsai (B. Campestris var. chinensis)
Petsai atau kubis cina berasai dari Cina Daratan. Bentuk batang pendek sampai akhir tidak terlihat dengan daun bukat panjang berwarna putih. Daunnya yang lunak, berbulu dengan urat-urat daun sangat jelas terlihat. Ada dua jenis petsai yaitu petsai sin dan tai sin. Petsai Sin daunnya membulat dengan tangkai putih susu sedangkan tai sin atau cai sin daunnya hijau muda, halus tidak berbulu lebih liat serta tidak kompak kropnya.
- Sawi (Brassica juncea)
Sawi bentuk fisiknya mirip Caisin. Bedanya sawi berdaun hijau dan berbulu, sedangkan aromanya tajam menusuk hidung. Ada tiga jenis sawi yaitu sawi jabung, sawi hijau dan sawi huma. Sawi jabung digemari karena daunnya yang lebar dan enak dimakan. Batangnya pendek dan tegap, daunnya bertangkai panjang dengan sayap yang melengkung ke bawah. Sawi hijau batangnya pendek, berdaun lebar berwarna hijau, tangkainya pipih. Rasanya pahit dan tidak begitu disukai untuk konsumsi. Sawi huma mempunyai batang kecil panjang dan langsing, daunnya sempit panjang berwarna hijau keputih-putihan, bertangkai panjang dan bersayap. Biasanya sawi ini tidak dibudidayakan.

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT TANAMAN KUBIS
Kandungan gizi kubis mentah setiap gramnya :
- Energi 103 kJ (25 kcal)
- Karbohidrat 5,8 g
- Gula 3,2 g
- Diet serat 2,5 g
- Lemak 0,1 g
- Protein 1,28 g
- Thiamine (Vit. B1) 0,061 mg (5%)
- Riboflavin (Vit. B2) 0,040 mg (3%)
- Niacin (Vit. B3) 0,234 mg (2%)
- Asam pantotenat (B5) 0,212 mg (4%)
- Vitamin B6 0,124 mg (10%)
- Folat (Vit. B9) 53 mg (13%)
- Vitamin C 36,6 mg (61%)
- Kalsium 40 mg (4%)
- Besi 0,47 mg (4%)
- Magnesium 12 mg (3%)
- Fosfor 26 mg (4%)
- Kalium 170 mg (4%)
- Seng 0,18 mg
Manfaat Tanaman Kubis
Banyak sekali manfaat dari tanaman kubis diantaranya untuk pengobatan tradisional daun kubis dikenal khasiatnya untuk mengobati peradangan, sedangkan ilmu kedokteran mengenal kubis sebagai sayuran anti kanker. Selain itu masih banyak manfaat dari tanaman kubis diantaranya :
- Kesehatan Otak
- Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh
- Mencegah Kanker
- Melancarkan Sirkulasi Darah
- Mengatasi Sakit Kepala
- Menjaga Kesehatan Mata
- Obat Sariawan
- Melancarkan Pencernaan
- Menurunkan Berat Badan
- Mencegah Penuaan Dini
- Kecantikan Kulit

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KUBIS
Hama Tanaman Kubis diantaranya :
- Ulat Daun Kubis atau diamond back moth (Plutella xylostella L)
- Ulat Crop Kubis atau cabbage heart caterpillar (Crocidololia binatolis Zell)
- Ulat Crop Bergaris atau striped cabbage heart caterpillar (Hellula undalis F)
- Kumbang Anjing atau leaf beetle (Phyllotreta vittata F)
- Ulat Grayak atau army worm (Spodoptera litura F)
- Ulat Jengkal atau green semilooper (Chrysodeixis chalcites Esp)
- Penggerek tongkol jagung atau corn earworm (Helicoverpa armigera Hubn)
- Kutu Daun Persik atau tobacco (Myzus persicae Sulz)
Penyakit Pada Tanaman Kubis
- Akar Gada (Clubroot)
- Bercak Daun Alternaria
- Busuk Hitam
- Busuk Basah (Erwinia caratovora)
- Kaki Hitam (Phoma lingam)



No comments:

Post a Comment